Waspadai Rasa Ngilu Di Dada Secara Tiba-tiba, Siapa Tahu Angin Duduk

Pernahkah anda mengalami rasa ngilu di dada secara tiba-tiba padahal tidak sedang melakukan aktivitas apapun? Kejadian semacam ini memang sering terjadi pada anda yang biasanya memiliki gangguan pada aliran darah. Orang Indonesia biasanya mengenalnya sebagai angin duduk atau nama lainnya adalah angina pektoris. Kejadian semacam ini bisa terjadi dikarenakan pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh berkurang, yang kemudian dapat berakibat pada berkurangnya pasokan darah yang masuk ke jantung. Jika hal ini terjadi maka pembuluh darah akan menyempit atau mengeras. Jika kasus seperti ini biasa terjadi pada anda, alangkah baiknya jika anda memeriksakannya ke dokter. Karena jika dibiarkan terus-menerus, akan menyebabkan otot jantung menjadi tersumbat, atau kita mengenalnya dengan nama serangan jantung.

 

Macam-macam angin duduk

Berdasarkan penyebabnya, angin duduk dapat dibedakan menjadi 3, yaitu angina stabil/klasik, angina varian, dan angina tidak stabil. Angina stabil adalah kondisi terjadinya angin duduk di mana penyebabnya dikarenakan tubuh melakukan kegiatan yang berat, seperti olahraga. Pada kondisi ini tubuh pasti membutuhkan asupan darah dan oksigen yang lebih. Namun dikarenakan adanya penyumbatan dalam pembuluh darah, sehingga tubuh tidak mendapatkan asupan sesuai dengan yang dibutuhkan. Angina varian adalah kondisi angin duduk yang terjadi pada saat tidak melakukan aktivitas atau cenderung lebih pada saat istirahat atau bangun tidur. Hal ini kemungkinan dikarenakan jika tubuh mendapatkan perubahan perlakuan yang mendadak, sehingga seolah tubuh merasa tidak siap. Angina tidak stabil adalah kondisi terjadinya angin duduk pada saat-saat yang tidak bisa diprediksi. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan tubuh memiliki timbunan lemak ataupun terjadi pembekuan darah sehingga aliran darah menuju ke jantung menjadi terhalangi. Biasanya orang yang mengalami angina, merasakan nafas yang terasa sesak, dada terasa nyeri yang kadang menjalar hingga punggung sampai leher dan rahang, pusing, keringat berlebih, dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai angin duduk. Jika anda merasakan gejala-gejala seperti di atas, sebaiknya anda segera berobat ke dokter spesialis jantung agar tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.

Related posts: