Tips Memilih Jenis Sablon Pada Pakaian

Buat kamu yang suka belanja dan sangat hati-hati soal penampilan, tentu akan sangat selektif memilih pakaian yang dibeli untuk dikenakan. Bagaimana kita bisa menemukan jenis pakaian yang dibeli dengan kualitas bagus dan tidak akan menyesal? Pertama-tama saat hendak memilih baju pastikan lihat kualitas kain yang digunakan. Kemudian, ketahui jenis sablonnya mudah rusak atau tidak, kualitas gambar, warna yang disukai, dan indikator lainnya. Menilik jenis sablon tadi, jika kamu mau kualitas gambar yang bagus kaos ataupun pakaian dengan sablon plastisol.

Jenis-Jenis Sablon Pada Pakaian

Yang perlu kamu ketahui lebih dulu sebelum mengetahui jenis sablon yaitu pahami apa itu sablon sendiri. Jadi sablon merupakan teknik untuk mencetak gambar yang dilakukan di atas kain, kertas dan media lain dengan tidak ada kandungan airnya. Teknik menyablon sendiri telah ada sejak tahun 1664 yang dikenalkan lewat bangsa Jepang. Awalnya teknik ini diterapkan bangsa jepang untuk kimono atau pakaian tradisional Jepang.

Nah, untuk sekarang teknik menyablon digunakan untuk memproduksi pakaian sebagai pelengkap keindahan yang menempel lewat gambar. Dalam mengaplikasikan teknik sablon bisa dengan cara manual maupun digital. Semua itu tergantung dengan selera dan ketersediaan produsen sendiri.

Beberapa jenis sablon yang ada antara lain:

  • Sablon pasta

Hasil yang diberikan untuk jenis sablon ini yaitu tidak elastis hasilnya, selain itu juga serat kainnya jadi tertutup.

  • Sablon foam

Hasilnya sablon jenis ini mengembang yang berasal dari pemanasan tinta. Kemudian, tinta yang digunakan berupa plastisol maupun underbase.

  • Sablon Pigmen

Hasil dari penyablonan jenis ini adalah dapat menyerap hingga ke serat kain. Kain yang digunakan juga biasanya adalah warna-warna terang.

  • Sablon rubber

Sablon dengan jenis ini elastis serta serat kain menjadi tertutup. Jenis tinta yang digunakan adalah underbase dan permukaan warna kainnya tertutup.

  • Sablon plastisol

Jenis sablon ini bahan dasar yang digunakan yaitu minyak. Karena kualitasnya baik, biasanya lebih mahal.

Nah, berikut telah dijelaskan beberapa jenis sablon yang digunakan pada kaos, sweater, kain, dan lain-lain. Mulai dari sablon pasta hingga sablon plastisol telah dijelaskan kelebihannya ataupun kekurangannya.

Related posts: