Susu Murni atau Susu Lowfat?

Susu Murni atau Susu Lowfat?

Susu Murni atau Susu Lowfat?

Susu adalah salah satu minuman yang sangat menyehatkan. Namun, banyak orang yang menghindari dengan alasan susu kaya akan lemak sehingga kalori akan meningkat. Alasan inilah yang mendorong terciptanya lowfat milk atau susu rendah lemak. Cara pembuatannya adalah dengan memisahkan kandungan lemak susu. Cara ini dapat menghilangkan sebagian nutrisi seperti mineral dan vitamin, maka dari itu ada beberapa dampak negatif dan positif mengonsumsi susu rendah lemak:

  1. Kardiovaskuler

Susu murni biasa mengandung lemak jenuh yang tinggi sehingga secangkir susu dapat memenuhi separuh lemak harian. Selain itu, susu murni juga tinggi kolesterol yang dapat meningkatkan resiko stroke dan serangan jantung. Untuk anak-anak lebih disarankan untuk meminum susu murni, untuk orang dewasa disarankan untuk meminum low fat milk untuk mencegah penumpukan kolesterol.

  1. Penyerapan kalsium

Kelebihan susu murni adalah mengandung kalsium yang tinggi. Jika lemak dikurangi, maka penyerapan kalsium akan lebih baik. Maka dari itu, dalam hal penyerapan kalsium susu rendah lemak lebih unggul karena lemak jenuh pada susu dapat mengganggu penyerapan kalsium pada usus.

  1. Perihal Kesuburan dan risiko kanker

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2006, susu rendah lemak dapat mengganggu wanita untuk berovulasi. Sedangkan susu murni dapat meningkatkan kesuburan. Dan bahkan jika terlalu sering mengonsumsi susu rendah lemak, akan meningkatkan resiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita.

Baik susu murni maupun susu rendah lemak memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Hal ini tergantung kondisi tubuh Anda. Terkadang ada orang yang memiliki alergi mengonsumsi susu murni dan lebih toleran dengan susu rendah lemak. Pada dasarnya kedua jenis susu ini baik untuk tubuh kit jika dikonsumsi secara wajar. Jika Anda lebih menyukai susu rendah lemak karena khawatir akan menambah berat badan Anda, Anda dapat meminum susu murni sesekali. Merk susu juga akan mempengaruhi apakah susu tersebut baik atau tidak untuk tubuh kita. Maka dari itu, sebelum membeli produk susu, sebaiknya kita melihat nutrition fact pada kemasan untuk mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada susu tersebut.

Related posts: