tips kesehatan

Positif Negatif Sayur Bayam Untuk Kesehatan

tips kesehatanSayuran yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan berbagai khasiat yang dikandungnya mampu menghindarkan kita dari berbagai penyakit dan berbagai manfaat lainnya. Dalam sayur bayam terkandung berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat, zat besi dan kalsium. Selain itu juga banyak mengandung vitamin A, C dan vitamin K. Berbagai kandungan tersebut tentunya sangat baik untuk tubuh dan juga mudah untuk diserap oleh tubuh. Diketahui bahwa bayam mampu melawan berbagai penyakit kanker hingga 34% seperti kanker rahim, kanker prostat, kanker payudara, kanker kulit dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid-nya dapat menghambat pembelahan sel kanker.

Manfaat Dan Resiko Sayur Bayam

Sayur bayam juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan menyehatkan tulang karena kandungan vitamin A dan K yang cukup tinggi. Selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh menurunkan tekanan darah, anemia juga mencegah terjadinya sembelit. Menjaga kesehatan kulit, menjaga dan menyehatkan fungsi otak, menjaga kesehatan sistem saraf, mencegah terjadinya kardiovaskular sebagai akibat dari mengerasnya pembuluh darah. Dalam masa pertumbuhan sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja. Menjaga stamina tubuh hingga dapat beraktivitas dengan baik. Untuk ibu hamil juga sangat baik bagi pertumbuhan janin yang dikandungnya karena kandungan asam folat untuk perkembangan otak janin. Zat besinya mampu menjaga ibu hamil dari lemas dan mudah lelah.

Meskipun sayur bayam memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tapi juga memiliki efek negatif yang harus dihindari. Diantaranya adalah untuk tidak mengonsumsinya 5 jam setelah dimasak. Jika hal itu terjadi maka akan membahayakan kesehatan karena mudah teroksidasi dan menimbulkan racun meskipun tidak serta merta terjadi sebab sifatnya residu sehingga terus menumpuk didalam tubuh. Zat berbahaya yang muncul salah satunya adalah sianosis yang membuat hemoglobin tidak dapat mengikat oksigen. Gejalanya memang tidak akan muncul diawal namun sifatnya bak musuh dalam selimut. Karena itulah sebaiknya setelah memasak sayur bayar jangan menunggu terlalu lama untuk menyantapnya sehingga tidak akan menimbulkan racun dalam tubuh.

Related posts: