Mari Hindari Penyakit Hepatitis

Penyakit fecal oral merupakan salah satu penyakit yang sangat penyebarannya. Penyakit fecal oral adalah penyakit yang ditularkan melalui fecal (anus) dan oral (mulut). Penularan penyakit  fecal oral biasanya melalui makanan dan minuman. Penyakit-penyakit tersebut diantaranya adalah diare, gastroenteritis, kolera, disentri, demam tipus, penyakit cacing dan hepatitis. Semua penyakit tersebut tidak ada yang tidak berbahaya. Kali ini saya akan membahas penyakit hepatitis.

Apakah Hepatitis Sama Dengan Penyakit Kuning?

Penyakit hepatitis oleh masyarakat sering disebut sebagai penyakit kuning, karena tubuh penderita akan berubah warna menjadi agak kekuningan. Namun benarkah demikian? Mari kita bahas. Salah satu gejala penyakit hepatitis adalah warna putih mata yang menjadi kuning yang kemudian diikuti kulit kuning. Sehingga tak heran jika masyarakat menyebutnya penyakit kuning.

Menghindari Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis adalah penyakit peradangan pada jaringan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis sehingga sel hati mengalami kerusakan dan tidak berfungsi dengan baik. Penyakit hepatitis sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, hepatitis E, hepatitis F dan hepatitis G. Masing-masing hepatitis memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, komplikasi dari penyakit hepatitis adalah penyakit lever dan bisa berujung kematian. Oleh karena itu, lebih baik kita menghindari penyakit ini. Cara mencegah hepatitis adalah sebagai berikut:

  • Tidak memakai peralatan makan bersama

Menggunakan peralatan makan dari penderita hepatitis sebaiknya dihindari, karena pencucian peralatan yang belum tentu bersih memungkinkan virus hepatitis masih menempel pada peralatan makan yang akan dipakai.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit hepatitis dapat dilakukan dengan cara melakukan imunisasi hepatitis.

  • Menghindari minuman beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol tidak baik dikonsumsi karena akan menimbulkan kerusakan pada hati. Hati yang rusak dapat memicu timbulnya penyakit hepatitis.

  • Menjaga kebersihan lingkungan

Virus penyebab hepatitis dapat diminimalisir dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan peralatan.

  • Tidak melakukan hubungan seks bebas

Selain ditularkan melalui makanan, ada jenis hepatitis yang bisa ditularkan melalui cairan tubuh. Jadi, lebih baik menghindari hubungan seks bebas.

Related posts: