bibit cabe

Langkah-langkah Untuk Menanam Bibit Cabe Di Rumah

bibit cabeBibit cabe semakin banyak dicari masyarakat mengingat harganya yang terus menerus naik turun sehingga membuat banyak pedagang dan juga pembeli kesulitan untuk mengendalikan harganya tersebut. Cabe adalah salah satu bumbu dapur yang menjadi penyedap masakan di mana jika tak ada cabe maka masakan akan menjadi hambar. Cabe juga sering dibuat menjadi sambal dengan berbagai macam variasi yang selalu dicari orang yang menyukai masakan yang pedas. Namun kini setelah harga cabe menjadi mahal rupanya ikut berpengaruh pada pemakaian cabe baik yang ada di rumah maupun di warung makan.

Beberapa Langkah Untuk Menanam Bibit Cabe Sendiri Di Rumah

Jika anda termasuk salah satu orang yang menyukai masakan yang pedas, tentu saja sangat membutuhkan kehadiran cabe dalam setiap makanan anda. Bagaimana caranya agar supaya anda bisa mendapatkan cabe dengan harga yang murah? Caranya cukup mudah, beli saja beberapa buah cabe yang sudah matang kemudian tanam bijinya sebagai bibit cabe. Dalam beberapa waktu anda bisa menikmati cabe dari hasil tanaman anda sendiri.

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menanam tanaman cabe di rumah anda sendiri.

  • Siapkan bibit

Untuk menyiapkan bibit tanaman cabe anda perlu mengambil biji cabe dari cabe matang yang berkualitas. Rendam dan jemur hingga kering. Pilih hanya biji yang tenggelam saat proses perendaman.

  • Penyemaian bibit

Semaikan bibit tanaman cabe yang sudah anda seleksi dengan baik saat menyiapkan bibit pada langkah pertama. Semaikan terlebih dahulu pada sebuah wadah datar yang lebar agar supaya anda bisa menyeleksi kembali bibit mana yang tumbuh dengan baik dan yang rusak. Saat proses penyemaian belum tentu semua bibit akan tumbuh dengan baik meskipun anda telah memilih jenis bibit yang berkualitas sekalipun.

  • Penanaman bibit

Setelah anda melihat dan menyeleksi bibit yang bisa tumbuh dengan baik dan yang tidak, maka langkah selanjutnya adalah menanam bibit tanaman cabe yang tumbuh dengan baik di dalam pot atau langsung pada bidang tanah yang telah dipersiapkan. Lepaskan bungkus plastik jika Anda menyemainya dalam polybag, dan sertakan sedikit tanah asal untuk melindungi bagian akar tanaman.

  • Perawatan

Setelah bibit tanaman cabe anda sudah di tanam di pot atau tanah maka langkah yang terakhir adalah melakukan perawatan. Anda harus rajin menyiramnya agar supaya tanaman bisa tumbuh dengan baik. Demikian cara menanam bibit cabe.

Related posts: