Internet – Media Kreatif Dan Efektif Bagi Guru

Metode belajar konvensional yang diterapkan di hampir seluruh sekolah dan lembaga nonformal lainnya mulai menimbulkan banyak kejenuhan. Lebih dari itu, terbukti bahwa metode tersebut memberi banyak batasan baik bagi siswa maupun guru. Ruang guru yang terbatas adalah salah satu hambatan yang diakibatkan dari metode pembelajaran umum ini. Untungnya kini banyak dikembangkan cara baru melalui perkembangan teknologi termasuk internet. Dengan adanya internet ternyata terbukti memberi lebih banyak ruang gerak bagi guru untuk mengembangkan kemampuan dan berbagi ilmu dengan sesame komunitas. Hal ini ternyata dapat meningkatkan kreativitas guru dalam menyampaikan pembelajaran di dalam kelas. Banyak hal yang bisa diadaptasi dari internet untuk diterapkan selama proses belajar mengajar.

Memperluas Komunitas Ruang Guru Online

Tak dapat disangkal bahwa pesatnya perkembangan internet telah membawa dampak yang luar biasa termasuk bagi dunia pendidikan. Baik pendidikan formal dan juga pendidikan non formal telah merasakan dampak kemajuan teknologi ini. Internet juga memberikan ruang guru yang luas untuk lebih kreatif dan inovatif. Para pengajar kini memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan keahliannya. Banyak hal yang dapat dibagikan kepada sesama profesi guru. Metode pengajaran, referensi materi, hingga hasil-hasil diskusi dan penelitian bisa dimanfaatkan guru untuk memperluas teknik dan meningkatkan kemampuan profesionalnya. Selain itu guru memiliki lebih banyak kesempatan untuk bekerja secara online. Hal ini tentu memberikan kesempatan kerja baru. Lebih dari itu proses mengajar pun bisa dilakukan secara online tanpa harus tatap muka secara langsung seperti metode tradisional pada umumnya.

Selain memberi kursus yang lebih luas, kemajuan teknologi internet ini juga dirasakan bagi siswa. Mereka mendapat kemudahan mengakses materi dan mengumpulkan informasi secara online. Proses belajar pun tidak sepenuhnya bergantung pada guru. Siswa juga merasa tidak jenuh untuk belajar di dalam suatu ruang tertutup yang membosankan. Sebab, dengan media online siswa dapat belajar dan mengakses materi dimana pun dan kapan pun dengan mudah namun tetap tertib dengan adanya supervisi dari guru.

Related posts: