idiom bahasa inggris

Idiom Bahasa Inggris Dalam Test TOEFL

idiom bahasa inggrisBelajar bahasa merupakan pembelajaran yang sangat beragam dan tak ada ujungnya. Dalam bahasa banyak sekali macam cara berbicara atau percakapan, pengungkapan sesuatu hal, maupun mengekspresikan apa maksud dari penyampaian. Salah satu contoh pengungkapan tersirat atau pengekspresian tersirat dalam bahasa, khususnya bahasa Inggris adalah idiom. Idiom bahasa Inggris merupakan suatu penggalan kalimat, atau susunan beberapa kata yang mempunyai satu arti dan tidak bisa diartikan dalam kata per kata. Hal ini disebabkan karena makna dalam per kata dan makna dalam satu penggalan kalimat tersebut bisa saja memiliki beda makna.

Bagaimana Penggunaan Idiom Bahasa Inggris Dalam Test Toefl?

Bicara soal bahasa Inggris terlebih idiom, memiliki banyak sekali macam bentuknya. Kunci dari pemahaman idiom bahasa Inggris ini untuk paham tanpa hafal dari macamnya ialah dengan paham dari susunannya. Sebagai contoh pada kalimat “Professor Tedy has really lost his marbles, he assigned us ten essays this week”. Bila diartikan secara penggunaan idiom maka maknanya adalah Profesor Tedi mulai menggila, dia memberi tugas sepuluh esay ke kita Minggu ini”. Bila diartikan kata per kata, maka maknanya akan rancu. Karena menjadi Profesor Tedy kehilangan kelereng-kelerengnya, dia memberikan tugas sepuluh esay ke kita Minggu ini. Terdapat ketidak sinambungan antara kelereng dengan tugas esay. Oleh karena itu penggunaan idiom tidak bisa diartikan kata per kata.

Penggunaan idiom dalam konteks bahasa Inggris sering dijumpai pada soal-soal test bahasa Inggris, khususnya test TOEFL. Pada test TOEFL idiom sering digunakan pada bagian listening, baik short conversations, longer conversations, dan short talks. Penggunaan idiom digunakan untuk menangkap kejelian pendengaran poin yang disampaikan namun dengan kiasan, yang kemudian diberikan opsi dengan bahasa yang berbeda tapi maknanya sama. Seperti contoh penggunaan idiom bahasa Inggris berikut.

Cassie     : Brownie, have you decided on the topic for your article?

Brownie   : No,  I haven’t. I’m very much at loose ends right now and need some time to decide which topic i want.

Narrator    : What does the man mean?

Di dalam buku tes akan tertera

  1. He is going to quit school
  2. He is not sure of the topic he wants
  3. He has discussed the topic with his professor
  4. He has started writing his article

Idiom yang digunakan ialah very much at loose ends, di mana memiliki arti bahwa brownie tidak mempunyai ide apa yang harus dia tulis dalam artikelnya. Jadi jawabannya adalah yang b. He is not sure of the topic he wants.

Related posts: