Hindari Penggunaan Gadget Berlebihan

Gadget masa kini telah menjadi kebutuhan utama atau primer bagi manusia terutama remaja bahkan anak kecil. Dengan teknologi canggih dilengkapi fitur-fitur lengkap disajikan dengan harga yang relatif murah siapa yang tidak mau? Bahkan anak-anak balita sudah pandai menggunakan gadget, mulai dari smartphone, tablet, bahkan laptop. Semua informasi yang diinginkan dapat diketahui melalui fitur-fitur di gadget. Survei juga telah menunjukkan bahwa kebanyakan orang saat bangun yang dicari adalah gadget. Lagi-lagi gadget yang dicari. Para orang tua harus dapat mengawasi dan membatasi penggunaan gadget pada anak-anak mereka. Pasalnya, banyak juga kriminalitas yang terjadi akibat gadget. Selain itu gadget juga dapat menyebabkan kecanduan dalam pemakaiannya. Sekali bermain, pasti terus bermain bahkan ketagihan, semua orang pasti tahu akan hal itu.

Dampak Positif Penggunaan Gadget

Gadget juga memberikan dampak positif. Positifnya, jika digunakan secara optimal dalam hal apapun, contoh saja bidang pendidikan, kita dapat mengakses sejuta berita mengenai beasiswa dan lain sebagainya hanya sekali ketik. Pada dasarnya, dampak positif lahir ketika kita dapat mengolah penggunaan gadget dengan baik dan sewajarnya.

Dampak Negatif Penggunaan Gadget

Penggunaan gadget secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Memang ada dampak positifnya, tetapi negatifnya juga banyak sekali. Apa saja ? Yuk simak penjelasannya.

  1. Gangguan Tidur (Insomnia)

Mereka yang selalu bermain gadget hingga menjelang tidur, bermain game, chatting, bahkan hanya sekadar stalking akan mengakibatkan susah tidur karena tertipu dengan asyiknya bermain gadget. Oleh karena itu, orang tua harus membatasi penggunaan gadget pada anak mereka hingga batas umur tertentu.

  1. Gangguan Pendengaran

Sering mendengarkan musik dari gadget melalui earphone dapat merusak atau mengalami gangguan pendengaran.

  1. Memicu Kanker Otak

Penggunaan gadget yang terlalu lama hingga panas akan menyebabkan radiasi yang dihasilkan semakin berbahaya dan salah satunya dapat menyebabkan terjadinya kanker otak.

  1. Obesitas atau Kegemukan

Bermain gadget adalah hal yang mengasyikkan, hingga lupa dan malas untuk bergerak. Biasanya mereka yang sedang asyik bermain gadget lebih senang duduk santai sembari makan camilan berkalori. Ini akan mudah menyebabkan kegemukan.

Related posts: