Gerakan Olahraga Untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi gangguan pencernaan yang sulit buang air besar. Jika Anda mengalami sembelit pasti rasa nyeri pada perut akan terasa tidak nyaman. Selain menggunakan obat, sembelit juga bisa diatasi dengan olahraga dengan gerakan yang mudah sehingga siapa saja bisa melakukannya. Olahraga seperti senam mampu mempercepat gerak makanan yang berada di usus besar sehingga air yang terserap akan lebih sedikit. Ketika air yang terserap lebih sedikit dari makanan tersebut maka feses akan normal dan terhindar dari rasa sembelit. Dengan berolahraga juga akan membantu pernapasan dan juga meningkatkan detak jantung yang nantinya akan merangsang kontraksi usus sehingga pengeluaran makanan akan lebih lancar.

Pilihan Olahraga Yang Mampu Mengatasi Sembelit

Ada beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah dan mampu mengatasi sembelit, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kardio

Olahraga kardio (jalan kaki, joging, berenang) mampu meningkatkan pernapasan, merangsang otot serta saraf untuk bekerja secara optimal, dan meningkatkan detak jantung.  Dengan melakukan beberapa olahraga ringan maka asupan cairan dalam tubuh juga akan semakin banyak dan pola makan juga akan lebih sehat, hal tersebut mampu mengurangi rasa sembelit. Pertama yang perlu dilakukan adalah berjalan kaki selama 5 menit, mempercepat jalan kaki selama 30 menit dan saat mendekati menit 30 kurangi kecepatan berjalan sambil stretching. Bagi yang tidak kuat melakukan selama 30 menit maka bisa dilakukan selama 10 sampai 15 menit untuk berjalan cepat.

  1. Yoga

Beberapa gerakan yoga bisa mengurangi stress dan memperlancar aliran darah ke saluran pencernaan sehingga dapat merangsang gerak usus oleh karena itu yoga mampu mengatasi sembelit. Ada beberapa gerakan yoga yang bisa dilakukan pada pagi, siang atau sore hari yang bisa Anda lakukan di rumah. Seperti wind relieving pose  dan suspine twisting.

  1. Latihan otot panggul

Ketika seorang mengalai gangguan otot area panggul maka akan terasa nyeri apalagi ketika sedang sembelit. Anda bisa lakukan gerakan deep squat pose yaitu gerakan berjongkok, kaki kanan kiri terbuka bebankan badan kebagian belakang serta ke arah bawah.

Related posts: