Cara menghilangkan karang gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara menghilangkan karang gigiKarang gigi merupakan semacam kotoran yang menempel pada gigi (plak gigi), kemudian mengeras menjadi karang gigi akibat dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi atau sela-sela gigi.  Penyebab utama dari munculnya karang gigi yakni tidak lain dan tidak bukan adalah karena malas menyikat gigi terutama sebelum tidur. Kebanyakan orang tahu cara menghilangkan karang gigi adalah dengan pergi ke dokter dengan prosedur scale yaitu proses dimana karang gigi dikikis sampai tuntas oleh suatu alat. Namun praktik menghilangkan karang gigi oleh dokter sendiri dinilai masih kemahalan oleh sebagian orang sedangkan karang gigi dialami oleh semua orang. Ada alternatif lain untuk menghilangkan serta mencegah karang gigi yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di pasar.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Mengonsumsi Buah-Buahan

Cara menghilangkan karang gigi menggunakan buah-buahan seperti strawberry, apel, dan melon dinilai menyehatkan dan menyenangkan. Strawberry mengandung Vitamin C, B1, B2, dan provitamin. Tak hanya mengikis karang gigi, strawberry juga mampu memutihkan gigi. Sedangkan buah apel memiliki kandungan Vitamin A, B, C serta berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, zinc dan potasium. Sama seperti buah melon, dengan mengonsumsi buah apel dapat meningkatkan produksi air liur yang berguna untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut. Hindari menggosok gigi langsung setelah mengonsumsi strawberry dan apel. Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut menimbulkan asam di mulut. Ada baiknya tunggu 30 menit, sebelum menyikat gigi.

Itulah cara menghilangkan karang gigi dengan mudah dan alami. Tentu saja hal ini harus dibarengi dengan kesadaran masing-masing untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, gusi, juga mulut dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung. Ini dikarenakan makanan-makanan tersebut mengandung karbohidrat yang ketika bakteri mencernanya dapat memproduksi asam kemudian bercampur dengan ludah sehingga dapat membentuk plak gigi. Jika gigi tidak dibersihkan secara rutin, benar dan tepat maka plak gigi tersebut akan menumpuk dan mengeras menjadi karang gigi sampai gigi berlubang.

Related posts: