Apa Itu Herpes Genital?

Herpes genital merupakan jenis penyakit kelamin. Penyakit ini disebabkan oleh virus HSV atau Herpes Simplex Virus. Anda bisa di diagnosa menderita penyakit herpes genital jika alat kelamin ada terdapat bentol-bentol berair. Bentol ini juga bisa ditemukan di mulut atau dubur. Herpes genital menyebar lewat hubungan seksual pada kebanyakan kasus. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk menular lewat sentuhan. Terdapat dua jenis virus herpes simplex. Yang pertama adalah herpes tipe satu atau HSV 1 yang menyebabkan bentol berair pada area mulut dan bibir. Yang kedua adalah herpes tipe dua atau HSV 2 yang merupakan penyebab utama dari penyakit herpes genital.

Ciri-Ciri Penyakit Herpes Genital

Herpes genital adalah penyakit kelamin yang sering terjadi baik pada pria dan wanita. Namun wanita lebih berisiko terkena penyakit ini dibandingkan dengan laki-laki. Penyakit herpes bisa terjadi pada orang yang sering melakukan hubungan seksual. Bahkan seorang ibu hamil yang mempunyai penyakit herpes genital ini pun juga bisa menularkan penyakitnya pada sang bayi pada saat melahirkan lewat proses persalinan yang normal. Karena itulah Anda perlu melakukan tindakan pencegahan pada penyakit ini. Sebaiknya Anda tahu apa saja ciri-ciri dari penyakit herpes genital agar bisa mencegah risiko yang lebih buruk.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit herpes genital ini justru tidak sadar bahwa mereka sedang mengalaminya. Karena memang gejala dan tandanya tidak cukup terasa atau terlihat. Namun ada beberapa orang yang bisa merasakan gejalanya. Gejala penyakit herpes genital antara lain rasa gatal atau nyeri pada daerah alat kelamin dan pantat, nyeri saat buang air kecil, luka yang bentuknya seperti lenting pecah, terdapat benjolan merah atau putih kecil, terbentuknya koreng setelah luka sembuh, serta gejala flu seperti sakit kepala, deman, nyeri otot, dan pembesaran kelenjar getah bening pada lipatan paha Anda. Untuk benjolan berair pada penyakit kelamin yang satu ini dapat muncul pada area alat kelamin, mulut, dan anus. Gejala tiap orang berbeda-beda. Untuk info lebih lanjut, kunjungi http://www.herbalkelamin.com.

Related posts: